Tuesday, 22 November 2016

Improved and Developed: Ar Raihan Guidance and Counseling


Assalamu’alaikum rekan seprofesi serta siswa siswi penerus masa depan bangsa!

Terinspirasi dari program Guru Pembelajar yang dicanangkan oleh Mendikbud terdahulu, Bapak Anies Baswedan, tulisan ini akan diawali dengan memberikan semangat kepada seluruh guru di Indonesia yang selama ini telah mengabdikan dirinya demi kemajuan anak bangsa untuk selalu berkarya dan belajar dalam rangka meningkatkan pemahaman akan keilmuan di bidangnya masing-masing. Betapa indahnya suasana pendidikan yang terjadi di sekolah ketika seluruh elemen yang ada di dalamnya saling kejar mengejar untuk berprestasi dan belajar tanpa henti.

Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional di tahun ini, sekali lagi… kami ucapkan selamat belajar, selamat melanjutan pengabdian, selamat beramal dan berkarya kepada seluruh guru di Indonesia.

Mengapa belajar? Mengapa Guru Pembelajar?

Guru adalah motor penggerak pendidikan dengan konsep pembelajaran sepanjang hayat yang melekat dalam dirinya untuk memastikan kesinambungan proses pembelajaran yang dialami oleh seorang guru. Tidak dapat dipungkiri dengan keberadaan guru sebagai ‘motor’ ini, guru menjadi salah satu sumber utama bagi peserta didik dalam mendapatkan ilmu. Dengan ini, seorang guru tidak boleh berhenti belajar dan memperbaiki diri. Ia tidak boleh tertinggal dari murid-muridnya. Ia harus mengikuti perkembangan zaman, teknologi, informasi, dan hal-hal penting lain yang berkaitan dengan proses pendidikan yang dilakukan oleh peserta didik.

Memasuki tahun ke-9 Sekolah Islam Ar Raihan beroperasi, Divisi Bimbingan Konseling pun kian menyadari pentingnya peningkatan keilmuan dan kualitas untuk dapat memberikan pelayanan terbaik bagi peserta didik Ar Raihan. Maka, dengan meminjam semangat peringatan Hari Guru Nasional, maka dengan bangga, kami ingin sedikit bercerita tentang hal-hal yang sudah berhasil ditingkatkan dan dikembangkan pada Divisi Bimbingan Konseling Ar Raihan.

1. Sarana Prasarana
Di tahun ke-9 ini, kami merasa sangat bersyukur atas kerjasama dan kontribusi yang telah diberikan oleh bagian sarana prasarana sehingga hal-hal penting terkait sarpras yang menjadi penunjang pelaksanaan tugas dan program BK dapat difasilitasi dan diakomodasi. Di tahun ini, ruang BK telah dilengkapi dengan kursi tamu, penambahan lemari penyimpan data, komputer, serta media dinding yang menjadi unsur informatif merangkap dekoratif yang sangat penting.

Suasana ruang kerja konselor Ar Raihan

Sudut menerima tamu


2. Media Informasi
Media Informasi BK yang terdiri dari media online (blog) dan offline (Mading/Papan Informasi) juga telah tersedia untuk memaksimalkan peran BK dalam memberikan bimbingan dalam bentuk-bentuk yang lebih mudah diterima secara luas, baik kepada peserta didik di Ar Raihan, maupun khalayak umum.

Guidance and Counseling Information Board

3. Pelaksanaan layanan dasar dan responsif
Bentuk layanan dasar dan responsif sebagai program utama Divisi BK telah dilaksanakan dengan semakin baik dari hari ke hari. Dengan padatnya kegiatan belajar mengajar maupun pengembangan diri di Ar Raihan, BK mendapatkan kesempatan untuk melakukan bimbingan klasikal sebanyak 3 kali dalam satu minggu, untuk masing-masing guru pembimbing. Dengan adanya situasi ini, penjadwalan memang harus dibuat secara bergilir sehingga masing-masing kelas mungkin hanya mendapatkan materi klasikal sebanyak 1 kali dalam 2 minggu atau 3 minggu. Akan tetapi, kondisi ini tetap harus disyukuri karena masih adanya kesempatan untuk memberikan bimbingan klasikal kepada peserta didik. Sementara itu, layanan responsif juga secara tanggap diberikan kepada peserta didik yang membutuhkan bantuan. Bukti keterlaksanaan kesemua jenis layanan ini dapat dilihat melalui tanda kehadiran siswa, jurnal harian, maupun laporan bulanan, yang dilaporkan setiap bulan langsung kepada Kepala Sekolah.

4. Sistem Penegakan Kedisiplinan
Keterlibatan Divisi BK dalam sistem penegakkan kedisiplinan juga kian hari kian baik. Berawal dari keterllibatan BK dalam tim perumus tata tertib sekolah, pembuatan rekapitulasi keterlambatan dan kehadiran peserta didik setiap bulan, dan pembuatan rekapitulasi pelanggaran peserta didik yang terintegrasi dalam sistem algreen sehingga dapat dipantau kapan saja oleh wali murid.

5. Keterlibatan dalam Agenda dan Program Sekolah
Sebagai bagian dari tenaga pendidik yang ada di sekolah, personil BK Ar Raihan juga telah terlibat dalam banyak agenda di sekolah. Misalnya, agenda Masa Orientasi Siswa, Graduation Day, serta menjadi penanggung jawab dalam pelaksanaan Students of The Month, Students of The Year, dan Students in Service.

Demikianlah beberapa hal yang dapat kami ceritakan terkait dengan perbaikan dan peningkatan kualitas serta kinerja dari Divisi Bimbingan Konseling Ar Raihan. Penyampaian ini bukan dimaksudkan sebagai ajang pamer dan menyombongkan diri, akan tetapi sebagai sebuah pelaporan atas usaha dan proses pembelajaran yang kami lakukan dengan harapan dapat menjadi sebuah motivasi bagi semua pihak dalam meningkatkan kualitas dan kinerjanya.


Harapan kami, ke depannya, Bimbingan Konseling Ar Raihan dapat semakin lebih baik untuk terus meningkatkan kualitasnya, dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada peserta didik. Aamiin….

No comments:

Post a Comment